Wisata Pantai Parangtritis Jogjakarta

Hosting Unlimited Indonesia
Wisata Pantai Parangtritis Jogjakarta

Wisata Pantai Parangtritis Jogjakarta

Siapa yang tidak kenal tempat wisata pantai Parangtritis Jogjakarta yang terletak kurang dari 30 KM arah selatan Kota Yogyakarta. Waktu tempuh yang diperlukan jika kita berkendara dari Kota Jogja menggunakan mobil pribadi yaitu kurang dari 1 jam (60 menit).

Bayak cerita mistis berkembang berkaitan dengan nama pantai Parangtritis, mulai dari seorang yang bernama Dipokusumo yang melarikan diri dari kerajaan Majapahit sampai dengan cerita tentang Nyi (Nyai) Roro Kidul.

Biaya tiket masuk Pantai Parangtritis pada hari biasa sebesar 7 ribu rupiah dan di weekend 10 ribu rupiah. Kita juga dapat menggunakan ATV untuk menikmati berkendara di tepi pantai Parangtritis dengan merogoh kocek sebesar 50 – 100 ribu rupiah dengan lama penggunaan 15 menit. Bagi yang ingin mengendarai kuda ataupun kereta kuda (bendi) juga dapat memilih alternatif tersebut.

Baca Juga: Wisatawan dapat menyaksikan jejeran gunung Telomoyo, Merbabu, Andong dan hamparan kebun kopi Robusta. Suasana yang asri di tambah masa musim tanam tanaman padi menambah syahdu dan sejuknya wisata Eling Bening Ambarawa Jawa Tengah.

Waktu yang tepat mengunjungi pantai Parangtritis yaitu di pagi hari saat matahari terbit (sunrise) ataupun saat matahari terbenam (sunset). Selain bisa menikmati momen di waktu tersebut, udaranya juga tidak terlalu panas dan tidak perlu khawatir kulit terbakar matahari.

Saat matahari terbenam di pantai selatan ini pun bermunculan lapak jagung bakar menggunakan lampu-lampu petromax, berikut dengan wedang ronde khas Jogja Jawa Tengah. Jika ingin bermalam juga tersedia losmen dengan harga yang tidak terlalu menguras isi dompet.

Waspada saat kita berfoto di pinggir pantai, kita harus tetap melihat kondisi air dan ombak di pantai Parangtritis. Karena ombak Parangtritis terkenal dengan nama Rip Current yaitu ombak yang mencapai kecepatan 80 km/jam. Berpotensi menghasilkan arus balik yang lebih kuat lagi dari 80 km/jam, orang yang terkena ombak ini potensi selamat kembali ke daratan sangatlah kecil. Sehingga di pastikan yang terseret oleh arus balik tersebut akan lari ke tengah lautan dan berpotensi tenggelam.

One thought on “Wisata Pantai Parangtritis Jogjakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *